Sunday, November 08, 2009

Sang Mazhab (Romi Satrio Wahono) (1)

Menarik memang bebicara dengan orang sukses, bahan omongannya pasti bermanfaat. Saya beberapa hari yang lalu kebetulan bertemu dengan salah seorang yang saya anggap berhasil dan sukses. saya bertanya padanya apa resep untuk sukses? Jawabnya singkat dan padat. "Bertemanlah dengan orang Sukses". Begitu katanya.
Benar memang apa yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, Jika berteman dengan tukang besi maka akan kena bau asap, jika berteman dengan penjual Misik, maka akan bau wangi...
Bagi saya yang kebetulan suka dunia komputer dan hal-hal yang berkaitan dengannya sangat mencari figur untuk dijadikan Mazhab. Kalau dalam agama biasanya ada mazhab yang di ikuti untuk dijadikan pedoman, saya rasa dalam dunia teknologi-pun berlaku hal yang sama.
Dalam kesendirian disela-sela luangnya aktifitas saya membuka lembaran-lembaran Buku karangan Mas Romi (Romi Satria Wahono), judulnya "Dapat Apa Kita dari Universitas". Pertanyaan yang sederharna tapi kedengaran Provokatif.

Kirain seperti buku yang sebelumnya pernah saya tahu, buku yang mengesampingkan Pendidikan Formal dalam menunjang kesuksesan seseorang. Pendidikan formal itu tidak penting!!! Yang penting adalah kompetensi yang dimiliki oleh seseorang, itulah yang menentukan On-Sale atau tidak.
Lain halnya dengan buku itu, Mas Romi dengan gaya bahasa yang sederhana, penuh dengan guyonan memberikan pencerahan bahwa pendidikan formal dan in-formal idealnya seiring sejalan. Istilah beliau, kemampuan Defacto dan Dejure.
Saya terus memabaca lembar demi lembar buku itu, salah satu bab menceritakan bagaimana masa-masa perjoeangan Mas Romi ketika kuliah di Jepang, yang mungkin sangat inspiratif bagi saya.
Akhirnya sampailah pada satu kesempatan saya bisa komunikasi sama beliau via telepon, ternyata orang sangat ramah dan perhatian.  Salam Perjoeangan!! (to be continued)

No comments:

Post a Comment

Silahkan ngasi komentar... bagi siapa saja...